Percaya Adanya Mahluk Gaib Dalam  Islam Sepereti Malaikat

Ilustrasi Pengertian Iman kepada Malaikat: Kepercayaan pada Makhluk Gaib dalam Agama (freepik)

KILASRIAU.COM - Sebagai seorang yang ber Agama tentunya sangat diwajibkan untuk mempercayai dengan adanya Makhluk gaib apalagi dalam ajaran Islam.

Seperti kita ketahui bahwa seorang muslim yang berAgama sangat diwajibkan untuk percaya akan adanya Malaikat. Maka dari itulah iman kepada malaikat juga termasuk dalam Rukun Iman.

Karena kita menyadari bahwa iman merupakan sebuah perinsip fundamental dalam sebuah agama. Untuk itu Islam yang menjelaskan tentang kepercayan itu sangat jelas dan harus diyakini oleh setiap Muslim.

Seperti pada firman Allah SWT yang artinya;

“Sebenarnya (malaikat-malaikat itu) adalah hamba-hamba yang dimuliakan, mereka itu tidak mendahului-Nya dengan perkataan dan mereka mengerjakan perintah-perintah-Nya.” (QS. Al-Anbiya’: 26-27).

Jadi mempercayai atau beriman adanya Malaikat ini ditandai dengan adanya beberapa poin.

1. Berimana  dengan kebenaran adanya Malaikat

2. Beriman kepada apa yang kita tahu dari sifat-sifat maikat.

3. Beriman kepada apa yang kita tahu sepereti nama-nama nya hingga yang tidak kita ketahui nama-nama nya. Namun kita tetap beriman kepadanya secara global, dan

4. Beriman akan tugas-tugas nya atas perintah Allah, seperti bertasbih dan beribah kepada-Nya siang dan malam tanpa lelah ataupun jenuh.

Oleh karena itu, ada beberapa Malaikat yang sangat populer yang kita ketahui diantaranya adalah Malaikat Jibril (Gabriel), Malaikat Mikail (Michael), Malaikat Israfil, Malaikat Munkar dan Nakir serta masih banyak lagi yang lain.

Jadi tidak heran jika Rasullullah SAW juga mengajukan umat nya untuk beriman kepada malaikat dan ini tertuang dalam sabdanya yang artinya;

“Hendaklah engkau beriman kepada Allah para malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, para Rasul-Nya, hari akhir dan beriman kepada qadar (takdir)yang baik maupun yang buruk.” (HR. muslim).**

 






Tulis Komentar